Ad Code

AOMEI Backupper: Backup Data Sebelum Semuanya Musnah!

Judulnya serem banget ya? hehehe. Bukan bermaksud nakut – nakutin bro, hanya sekedar mengingatkan saja bahwa membackup data itu sangatlah penting. Kamu pasti tau kan kalo komputer itu barang elektronik?, pasti akan rusak suatu saat. Begitupun media penyimpanan yang digunakan pada komputer seperti harddisk, lambat laun pasti akan rusak, kapan rusaknya kita tidak bisa menebak.

Kasus kehilangan data biasa dialami para pengguna komputer, bisa karena disebabkan oleh virus, terhapus tidak sengaja, dan juga oleh kerusakan harddisk, seperti disebabkan oleh bad sector misalnya. Alhasil, data – data penting yang tersimpan pada harddisk pun hilang bak ditelan bumi.

Nah, untuk itulah rajin membackup atau membuat cadangan data itu penting. Cara sederhananya sih bisa dengan meng-copy – paste seluruh data pada harddisk dan disimpan di media penyimpanan lain.

Atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membackup, salah satunya adalah AOMEI Backupper. Kenapa AOMEI Backupper?, Karena berdasarkan pengalaman pribadi, setelah mencoba berbagai aplikasi backup dari yang gratis sampai yang berbayar, menurutku AOMEI Backupper inilah yang lebih baik. Untuk lebih lengkapnya apa itu AOMEI Backupper, silahkan lanjutkan membaca bro!!!...

Apa itu AOMEI Backupper?
AOMEI Backupper adalah aplikasi yang dirancang untuk membackup dan merestore data pada komputer. Kamu bisa dengan mudah membackup file, partisi, disk dan juga sistem. Saat kamu kehilangan data atau sistem error, kamu bisa menggunakan AOMEI Backupper untuk merestore sistem atau data dengan mudah.

Fitur – Fitur AOMEI Backupper:
  • Backup sistem dengan mudah. Membuat backup sistem dengan mudah, termasuk semua program, sistem operasi, dan juga pengaturan sistem.
  • Memilih file  atau folder yang ingin dibackup. Bisa memilih file atau folder secara spesifik yang ingin di buat backup, seperti dokumen, gambar atau foto, film, games, dan lainnya.
  • Membackup harddisk dengan mudah. Membuat backup secara menyeluruh dari media penyimpanan seperti harddisk internal/eksternal, flashdisk, dan media lainnya yang terbaca oleh Windows.
  • Backup partisi. Bisa memilih partisi mana saja yang ingin dibuat backupnya, untuk menghemat waktu dan energi.
  • Backup otomatis (terjadwal). Bisa membuat jadwal backup dan melakukan backup secara otomatis untuk memastikan sistem dan data dalam keadaaan aman.
  • Hanya membackup perubahan yang adaSetelah full backup dibuat, untuk menghemat waktu kamu bisa hanya membuat backup perubahan yang ada. sehingga tidak perlu lagi membuat full backup dari awal lagi.
  • Membuat versi boot CD/DVD. Membuat versi live CD/DVD dari program AOMEI Backupper, untuk membantu kamu merestore data dan sistem jika tidak bisa masuk ke desktop.

Pada AOMEI Backupper terdapat beberapa menu yang merupakan kategori untuk masing – masing fungsi. Kira – kira seperti ini...

Home.
AOMEI Backupper: Backup Data Sebelum Semuanya Musnah!
Gambar 1.
Pada kategori “Home”, disini akan ditampilkan daftar backup yang telah dibuat, kamu bisa mengelola semua file backup dari sini, seperti menghapus, mengedit, dan lainnya.

Backup.
AOMEI Backupper: Backup Data Sebelum Semuanya Musnah!
Gambar 2.
Pada kategori “Backup”, terdapat fungsi – fungsi yang berhubungan dengan backup, dan kamu bisa memilih sesuai kebutuhan seperti...
  • File Backup. Membackup file dan folder secara spesifik.
  • System Backup. Membackup drive sistem hanya dengan satu klik saja.
  • Disk Backup. Backup seluruh harddisk dengan menyimpannya berupa file image.
  • Partition Backup. Backup partisi tertentu sesuai keinginan.

Restore.
AOMEI Backupper: Backup Data Sebelum Semuanya Musnah!
Gambar 3.
Pada kategori “Restore”, kamu bisa menggunakannya untuk merestore backup yang telah dibuat, seperti backup yang telah ada pada daftar, atau backup yang lain (tidak ada pada daftar) dengan mengklik tombol “Path”, yang berada dibawah kolom daftar.

Clone.
AOMEI Backupper: Backup Data Sebelum Semuanya Musnah!
Gambar 4.
Pada kategori “Clone”, terdapat beberapa fasilitas dengan fungsi untuk mengkloning/menggandakan, seperti...
  • System Clone. Jika kamu ingin migrasi atau memindahkan OS ke harddisk lain, bisa dengan menggunakan fasilitas ini.
  • Partition Clone. Menggandakan partisi tertentu ke partisi yang lainnya.
  • Disk Clone. Menggandakan seluruh harddisk ke media penyimpanan lain.

Utilities.
AOMEI Backupper: Backup Data Sebelum Semuanya Musnah!
Gambar 5.
Pada kategori “Utilities”, terdapat sejumlah tool yang bisa digunakan untuk membantu dalam backup dan restore komputer, seperti...
  • Check image. Mengecek file hasil backup-an, apakah data didalamnya lengkap/tidak.
  • Create Bootable Media. Untuk membuat versi boot CD/DVD atau USB flashdisk dari AOMEI Backupper. Berguna untuk merestore komputer bila komputer error dan tidak bisa booting.
  • Explore Image. Mount file hasil backup-an dalam bentuk disk virtual untuk bisa mengakses seluruh data didalamnnya melalui My Computer.
  • AOMEI PXE Boot Tool. Untuk memungkinkan komputer dalam LAN atau jaringan menggunakan fasilitas seperti backup dan restore sistem dengan Windows PE/Linux.

Catatan.
Tampilan dari AOMEI Backupper beserta fitur – fitur diatas berdasarkan versi 2.2 standard edition. Kemungkinan di versi yang lebih baru akan ada penambahan fitur dan perubahan tampilan.

Penutup.
Dilihat dari beragamnya fitur AOMEI Backupper, apalagi yang membuat kamu menunda untuk menggunakan aplikasi ini. Tapi, perlu diperhatikan, AOMEI Backupper yang saya bagikan disini adalah versi gratis, yang pasti fitur - fiturnya tidak selengkap yang versi berbayarnya, namun sudah cukup kok digunakan untuk membackup dan merestore data kamu.

Untuk kamu yang sudah tidak sabar ingin mencoba aplikasi AOMEI Backupper, silahkan download langsung dari situs resminya melalui link di bawah ini...

Informasi:
Program: AOMEI Backupper
Situs: AOMEI Tech
Download: Klik disini

SEMOGA BERMANFAAT...

Post a Comment

0 Comments